Selasa, 22 November 2011

Pengabdian Sahabat sejati

Pengabdian bisa diartikan sebagai rasa bakti, rasa solidaritas, rasa menyayangi, rasa mengasihi, dan rasa peduli terhadap orang lain. Begitu pula pengabdian seorang sahabat yang rela berkorban demi sahabatnya.
      '' Siapakah orang yang selalu ada disamping kita?
      " Siapakah orang yang selalu ada untuk kita disaat kita ingin mencurahkan segala resah dan permasalahan  yang menimpa kita ?
      " Siapakah orang yang selalu bisa membuat kita tersenyum kembali?
  Orang tersebut adalah " Sahabat"
Sahabat Sejati adalah seseorang yang akan selalu ada untuk kita diasaat kita sedang merasakan kesedihan ataupun disaat kita membutuhkan tempat untuk mencurahkan isi hati kita. Sahabat Sejati akan membantu kita bahkan rela berkorban demi sahabatnya dan demi melihat sahabatnya tersenyum kembali. Walaupun terkadang dalam sebuah persahabatan terjadi konflik atau kesalahpahaman, entah itu masalah yang timbul dari diri kiota sendiri ataupun masalah yang timbul dari  luar atu orang lain.
Contoh masalah yang ditimbulkan dari diri sendiri adalah kesalahpahaman dalam suatu hal, masalah yang ditimbulkan oleh orang lain misalnya orang yang tidak menyukai persahabatan yang kita jalani yang menyebabkan perpecahan dan pertengkaran.
 Jika dalam sebuah persahabatan hanya memikirkan ego masing - masing, maka persahabatan itu tidak akan berjalan dengan waktu yang lama melainkan akan cepat terpecah.
Persahabatan Sejati adalah persahabatan yang mampu menyikapi segala bentuk permasalahan yang timbul, rasa untuk menyayangi satu sama lain, mempunyai rasa saling memahami dan mempunyai rasa solidaritas yang tinggi terhadap sahabatnya.
Apapun masalah yang menimpa sebuah persahabatan, jika disikapi dengan baik, masalah sebesar apapun akan terselesaikan, jangan sampai masalah yang ada bisa menimbulkan perpecahan. Jika persahabatan itu sudah terpecah, maka tak akan ada lagi orang yang bisa selalu berada disamping kita, tak akan ada lagi orang yang setia mendengarkan curahan hati kita dan takan ada lagi orang yang bisa menghibur kita disaat kita merasakan kesedihan. Orang tersebut akan hilang dari hidup kita, lebih baik mempunyai 1 sahabat dibandingkan 1000 musuh.
Seorang Sahabat adalah orang yang mampu memahami diri kita, bukan disaat kita sedang merasakankesenangan saja, tetapi ada disaat kita sedang bersedih.
Pengabdian seorang sahabat sejati sangatlah besar bagi hidup kita, karena hanya dia lah yang mampu mengerti dan memahami kita. Sahabat adalah seseorang terbaik ke dua dalam hidupku setelah keluarga.
Sahabat bisa mengajarkan kita tentang pemahaman rasa solidaritas, bisa mengajarkan kita bagaimana menyikapi permasalahan, mengajarkan bagaimana meredam ego diri sendiri, dan mengajarkan kita bagaimana menjaga persahabatan seutuhnya.
Maka dari itu jagalah jalinan Persahabatan kita sebaik mungkin, karena ketahuilah bahwa Sahabat Sejati takan pernah mati.....

PUISI UNTUK SAHABAT

 Sahabat Takan Tergantikan
Mentari akan hilang saat malam
Bulan akan hilang saat pagi
Bunga yang berkembang akan layu
namun.......
            Persahabatan kita
            Takan pernah seperti bunga
            Takan pernah seperti mentari
            Yang meninggalkan bumi begitu saja
            Walau mentari itu digantikan bulan
            Tapi kau .. dan aku ...
            Takan pernah bisa terpisahkan....

Kau kan selalu bersinar
dan selalu menerangi hatiku
Meski ada yang mencoba
meredupkan sinarnya dihatiku
tapi kau takan pernah hilang dan mati dihatiku .....


 

7 komentar: